Senin, 11 Juli 2016

Apa Itu Kimia (Chemistry) ... ???

Kimia (Chemistry) ... ???

Pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan membahas mengenai kimia. Tidak masalah apakah teman-teman sebelumnya pernah mempelajari kimia atau belum. Namun saya yakin teman-teman minimal sudah pernah mendengar dan memiliki gambaran tentang kimia. Misalnya kimia itu kerjanya di laboratorium dengan menggunakan jas lap putih. Penggambaran seperti ini wajar untuk batas tertentu karena kita sering melihat gambar maupun video yang menampilkan jika kimia identik dengan seseorang yang berada di laboratorium dengan jas putih yang sedang memegang tabung reaksi. Seperti gambar dibawah ini:


-gambaran seorang kimiawan-
(Sumber gambar: https://pixabay.com/en/chemist-scientist-researcher-man-309922/ )

Dahulu, bahkan sekarang masih banyak orang yang “ngeri” atau takut dengan kimia. Kimia sering dikonotasikan negatif oleh sebagian orang. Hal itu wajar karena bahan-bahan kimia banyak yang beracun dan berbahaya, dalam bahasa kimia sering disebut bahan berbahaya dan beracun (B3). Bahkan dalam sejarah ketika perang dunia banyak negara-negara menggunakan senjata kimia untuk mengalahkan musuhnya. Contoh senjata kimia adalah gas klorin dan gas mustard yang merupakan gas-gas beracun.

Disisi lain, kita sering lupa bahwa kehidupan ini pasti berhubungan dengan kimia. Kita tidak dapat hidup tanpa kimia. Lihat saja disekitar kita udara yang kita hirup, air yang kita minum, bahkan buku yang sedang dibaca tersusun dari bahan kimia. 

Kita ambil kata-kata mutiara orang bijak. Kimia dalam satu sisi dapat bermanfaat dalam sisi yang lain dapat merugikan. Ibarat pisau jika dibawa orang baik dapat mendatangkan maanfaat (untuk memotong sayur,rumput, dll) namun apabila pisau dibawa orang jahat memberi kerugian (untuk merampok, menodong, dll). Jadi pisau merupakan benda yang dapat memberi manfaat sekaligus dapat memberi mudharat/ kerugian tergantung pada kebijakan pemilik pisau dalam menggunakannya. Begitu juga kimia di satu sisi dapat memberikan manfaat (untuk riset) dan disisi lain dapat memberikan bahaya apabila ada ditangan orang yang salah.


Apa Itu Kimia ?
Pengertian ilmu kimia ini saya sadur dari buku “Kimia Dasar: konsep-konsep inti” karya Raymond Chang. Kimia adalah ilmu yang mempelajari materi dan perubahannya (Chang, 2005). Dari pengertian kimia diatas terdapat 2 kata kunci yaitu materi dan perubahan materi.
  1. Materi (Matter)
    Materi (matter) adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Pada prinsipnya sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa dapat berada dalam 3 wujud yaitu padat, cair, dan gas. Seperti yang kita ketahui bahwa zat padat, cair, maupun gas semuanya memiliki massa dan menempati ruang.

  2. Perubahan Materi
  3. Perubahan materi adalah perubahan sifat suatu zat atau materi menjadi zat yang lain baik yang menjadi zat baru maupun tidak membentuk zat baru.

    • Perubahan sifat zat menjadi zat baru
      Perubahan sifat zat menjadi zat baru adalah Perubahan Materi Secara Kimia. Contohnya gas Hidrogen terbakar dalam gas oksigen menjadi air. Pernyataan “gas Hidrogen terbakar dalam gas Oksigen menjadi Air” dapat dituliskan dalam bentuk reaksi kimia menjadi:
      H2(g) + O2(g) ---> H2O (l)
      Dalam reaksi pembakaran gas Hidrogen (H2) dihasilkan zat baru berupa Air (H2O).
    • Perubahan sifat zat tidak menjadi zat baru
      Perubahan sifat zat tidak menjadi zat baru dalah Perubahan Materi Secara Fisika atau Fisis. Contohnya es balok mencair menjadi air. Pernyataan “es balok mencair menjadi air” dapat dituliskan dalam bentuk kimia menjadi:
      H2O(s) + energy ---> H2O(l)
      Dalam perubahan es balok mencair menjadi air tidak dihasilkan zat baru. Es balok dengan struktur H2O ketika mencair menjadi Air masih tetap memiliki struktur H2O, tidak berubah menjadi zat lain misalnya gas Hidrogen (H2).


Cerita pribadi...
Sebelum saya membahas lebih lanjut tentang kimia. Saya mau sedikit bercerita pengalaman pribadi. Suatu saat saya pernah bertemu dengan seseorang. Saya lupa tepatnya kapan pertemuan itu terjadi namun inti dari yang beliau ceritakan masih saya ingat. Walaupun hanya sekilas,.. hehe

Beliau bercerita kimia dari sudut pandang lain. Kimia dalam kehidupan. Begini ceritanya:

“Orang-orang beragama meyakini bahwa kehidupan ini dapat dibagi menjadi 2, yaitu Kehidupan Dunia dan Kehidupan Akhirat. Kita yakin bahwa kehidupan akhiratlah kehidupan yang kekal. Sedangkan kehidupan didunia ini tidaklah kekal. Kehidupan di dunia ini tidaklah kekal dapat dilihat dari fakta bahwa kehidupan didunia ini selalu berubah. Perubahan-perubahan yang tidak terkendali mengakibatkan dunia ini mudah rusak. Oleh karena itu adanya kimia (Ilmu yang mempelajari materi dan perubahannya) diharapkan mampu untuk mengontrol perubahan yang berdampak negatif dalam kehidupan didunia ini. Sehingga kita dapat bertahan hidup di dunia ini”

Kata bijaknya = Perubahan tidak dapat dicegah tapi dapat dikontrol.

Sekian Pengantar Kimia yang dapat saya bagikan kepada teman-teman semoga bermanfaat dan menambah ilmu kita semua. Jika ada kesalahan mohon koreksinya. Terimakasih,. Hehehe

Postingan berikutnya akan dibahas mengenai Atom



Latihan Soal...
  1. Apa itu Kimia (Chemistry) ?
  2. Mengapa Kita Mempelajari Kimia ?
  3. Apa Dampak Positif dan Dampak Negatif Kimia ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar